Jumat, 22 Maret 2013

Cara memperbaiki eror pada printer canon mp 287



Kode Error Printer Canon MP 287, Ada beberapa kesalahan sederhana pada Printer Canon MP 287 seperti Printer Out Of Paper, Paper Jammed, Error Code (Kode Error) biasanya untuk masalah yang sangat serius/kompleks memerlukan bantuan dari Pusat Layanan Resmi Canon. Setelah anda Membeli Printer, Anda memiliki masa garansi 1 tahun atau dapat memperpanjang hingga 3 tahun (Tergantung Promosi) dan mendapatkan layanan biaya gratis.
 Kemungkinan alasan karena menghemat uang, anda menggunakan Tinta isi Ulang / Tinta Refill / Tinta Infus ( Refill Ink ) dan CISS ( Continuous Ink Supply System ) dan Jika menggunakan Tinta Refill maka garansi Printer anda batal atau tidak berlaku lagi. Tetapi Jangan Panik, anda bisa melakukan Restart Printer anda dengan tips berikut. KetikaLampu Alarm anda Menyala Oranye dan Kode Error Kesalahan ditampilkan pada LED Printer Canon MP 287 anda.
Cara Memperbaiki dan Mengatasi masalah Printer Canon MP 287 & Kode Error pada Printer Canon MP 287 ;
  1. E02 : Printer Kehabisan kertas (Printer is Out of Paper ) atau kertas tidak masuk dengan baik. Masukkan kertas dengan benar.
  2. E03 : Kertas Macet (Paper Jammed) atau Output Kertas Tertutup. Membuka Output Kertas, Reload Kertas dengan benar.
  3. E04 atau E05 : Cartridge anda tidak terdeteksi / tidak terkenali oleh printer (The FINE Cartridge cannot be recognized). Cartridge harus terpasang dengan baik atau bukan Compatible. Cobalah Lepaskan Cartridge dulu, Kemudian pasang kembali dengan mendorong lalu Kunci cartridge sampai mengklik ke tempatnya.
  4. E07 Kode Error P07 menunjukan Counter pencetakan sudah Full, solusinya adalah kita harus meresetnya. Langkah yang akan kita lakukan untuk mengatasai masalah tersebut adalah membuat printer dalam mode Service MODE/SAVE MODE, kemudian kita Reset Counter menggunakan Software. 
    • 1. Masuk SAVE MODE printer :
    • Printer dalam kondisi Off, kabel power tidak dilepas dari listrik;
    • Tekan Tombol STOP/RESET dan tahan;
    • Tekan Tombol Power, sehingga kedua tombol masih tertekan;
    • Lepaskan Tombol STOP/RESET;
    • Tombol POWER masih ditekan, pencet Tombol STOP/RESET sebanyak 6x, setiap anda pencet, lampu warning akan berkedip, berarti printer merespon tekanan Anda;
    • Jika berhasil, Printer akan mejalankan Rollernya, saat ini Display akan BLANK, pada saat dekstop Anda akan merespon "ada perangkat baru" abaikan saja.
       2. Mereset dengan Software :

    • Download software Reset untuk type ini klik disini
    • Ekstrak file hasil download
    • Jalankan file EXE-nya, dan akan tampil seperti gbr dibawah ini :
    • Klik tombol EEPROM (1) untuk melihat LOG/catatan printer, sediakan 1 lembar kertas.
    • Klik tombol SET (2) untuk mereset Counter tinta.
    • Klik SET (3) untuk mereset Absorted Ink
    • Lalu OFF kan printer.
    • Printer MP287 sudah siap digunakan kembali 
    • E08 : Ink Absorber hamper penuh (Ink absorber is almost full). Tekan Tombol Hitam atau Warna pada Printer anda untuk Melanjutkan Pencetakan ( Continue Printing ).
    • E13 : Sisa Tinta tidak bisa terdeteksi ( The Remaining ink level cannot be detected ). Ganti Tinta dengan Cartridge baru dan asli. Jika anda ingin melanjutkan tanpa mengganti Cartridge baru, Tekan Tombol STOP/RESET pada Printer anda Selama 5 detik.
    • E14 : Cartridge tidak dikenali (The FINE Cartridge cannot be recognized). Ganti Cartridge lama dengan Cartridge baru.
    • E15 : Cartridge tidak dikenali (The FINE Cartridge cannot be recognized). Cartridge tidak terpasang dengan benar. Coba Lepaskan cartridge Kemudian pasang kembali ketempatnya hingga anda mengklik pengunci Cartridge tersebut.
    • E16 : The ink has Run Out. Jika Printer sedang mencetak data, tekan tombol STOP/RESET selama 5 detik kemudian lanjutkan Pencetakan anda. Ganti Cartridge Tinta kosong.
    • E30 : Dokumen terlalu kecil ketika “Fit Copying is Selected”, periksa posisi dokumen pada kaca Scanner.
    • E31 : Printer tidak tersambung dengan Komputer (The printer is not connected with the computer). Sambungkan kabel USB dari Printer ke Port USB di Komputer.E50 : Scanning the Print Head alignment sheet has failed, Tekan tombol STOP/RESET. Pastikan kertas yang dimuat (A4 atau ukuran lainnya) sesuai dengan Print head alignment, dan juga kertas dalam posisi yang benar dan kaca plat tidak kotor. Pastikan juga Print Head Nozzles tidak tersumbat.
Ketika Lampu Printer anda blinking berwarna Hijau dan lampu alarm blinking berwarna oranye bergantian,
    1. P02 : Batalkan pencetakan dan matikan printer anda. Bersihkan / tarik kertas yang menyangkut pada printer anda. Mungkin Cartridge anda Rusak / Patah. Hidupkan Printer anda kembali.
    2. P10 : Matikan Printer anda kemudian hidupkan kembali. Sebenarnya untuk eror P10 merupakan eror yang tidak di ketahui apanya yang rusak, atau dengan kata lain itu merupakan eror yang di sebabkan oleh kegagalan mesin printer tersebut yang mungkin di akibatkan oleh hubungan pendek arus listrik. Dari beberapa sumber yang saya dapat untuk memprbaiki eror P10 adalah dengan beberapa cara yaitu:
    3.       1.     Dengan cara mengganti ink carried printer tersebut.
      2.    Jika langkah pertama tidak berhasil cobalah dengan mengganti main board nya.
      3.    Namun jika masih muncul eror P10 pada printer tsb langkah terakhirnya adalah dengan mengganti power supply nya.
Semoga berhasil..

3 komentar:

  1. boleh bertanya,bos.
    (pada Canon mp287)
    Kalau , lampu indikator black ink,kedip2 kenapa y? sedangkan lampu indikator color ink menyala terus pdhl tidak sedang ngeprint??
    terimakasih atas jwbnnya.

    BalasHapus
  2. lampu alarm menyala dan angka 1 6 3 muncul
    kenapa ya gan?

    BalasHapus
  3. boleh tanya min,
    printer MP 258
    Kalau lampu alarm dan Color Ink berwarna orange dan berkedip secara bergantian lalu ketrik tintanya gak bisa jalan itu bagaimana solusinya?
    terimakasih

    BalasHapus